Minggu, 21 November 2010

PSIKOLINGUISTIK



Dalam hidup manusia tidak bisa lepas dari penggunaan bahasa dan perolehan bahasa, baik itu secara lisan, tulisan maupun penggunaan bahasa isyarat. Bagaimana seseorang, terutama anak-anak belajar bahasa dan bagaimana penggunaan bahasa oleh orang dewasa dipelajari dalam suatu studi yang disebut Psikolinguistik.
Untuk mempelajari Psikolinguistik diperlukan pengetahuan dasar tentang linguistik yang meliputi antara lain struktur bahasa, fungsi bahasa dan proses berbahasa. Buku Psikolinguistik ini membahas lebih jauh mengenai tiga bidang utama Psikolinguistik, yaitu Psikolinguistik Umum, Psikolinguistik Perkembangan, dan Psikolinguistik Terapan.
Definisi dari Psikolinguistik sendiri adalah suatu studi mengenai penggunaan bahasa dan perolehan bahasa oleh manusia (Levelt, 1995). Dari definisi ini terlihat ada dua aspek yang berbeda, yaitu pertama perolehan yang menyangkut bagaimana seseorang, terutama anak-anak belajar bahasa, dan yang kedua penggunaan yang artinya penggunaan bahasa oleh orang dewasa normal. Dan dengan memahami Psikolinguistik kita dapat mengetahui letak dan fungsi bahasa bagi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Luangkan waktu Anda untuk menulis komentar untuk mempermudah merespon posting ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More