Minggu, 11 April 2010

Studi Islam di Mesir



BAB II
PEMBAHASAN
A. Mesir Sebagai Pusat Ilmu Islam di Negara Timur
Al-Azhar Kairo, Mesir, merupakan universitas religi yang memiliki peran terpenting dalam dunia Islam saat ini dengan jumlah mahasiswa sebanyak 90.000. Universitas Al-Azhar dianggap sebagai universitas tertua di dunia. Universitas Al-Azhar merupakan perluasan dari masjid Agung Al-Azhar. Tanpa diragukan lagi, universitas ini merupakan universitas yang tertua dan yang paling terkenal dalam institusi-institusi dan universitas-universitas Islam di seluiruh dunia. Lebih dari 1000 tahun universitas Al-Azhar telah mencetak ribuan sarjana yang termasyur, para pendidik yang mulia, juga memelihara pusaka Islam dan memperkuat identitas Islam.
Al-Azhar juga sangat berperan penting dalam mempelopori perkembangan ilmu pengetahuan di Mesir. Dengan adanya Al-Azhar, banyak muncul perguruan tinggi lainya yang mempelopori peekembangan ilmu pengetahuan di Mesir. Banyak ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari di Mesir, seperti Tafsir Al-Qur’an, Al-Hadits, sejarah Islam dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, ilmu-ilmu lainnya juga banyak dipelajari disana, seperti astronomi, matematika, ilmu kalam, dan masih banyak lagi lainya.
Dengan menjadi universitas Islam tertua di dunia dan dengan berbagai ilmu pengetahuan yang ada, Mesir menjadi pusat ilmu Islam di negara timur. Hingga banyak pelajar dari berbagai negara yang mununtut ilmu di sana terutama di Al-Azhar Kairo.

0 komentar:

Posting Komentar

Luangkan waktu Anda untuk menulis komentar untuk mempermudah merespon posting ini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More